Pentingnya Foto Produk oleh UMKM Dalam Digitalisasi Marketing Melalui Internet di Kecamatan Wiyung, Kota Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.33005/abdimesin.v2i2.33Keywords:
Foto Produk, Digitalisasi Marketing, Sosial Media, E-Commerce, UMKMAbstract
Surabaya merupakan ibu kota provinsi Jawa Timur dan merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia. Banyak perusahaan yang berdiri di Surabaya yang bergerak di bidang industri jasa maupun manufaktur. Sektor pariwisata memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Surabaya. Dengan semakin bertumbuhnya perekonomian dan pariwisata di Surabaya, saat ini mulai banyak masyarakat Surabaya yang mencoba berwirausaha dalam meningkatkan perekonomian melalui produk olahan makanan dan kerajinan tangan.Wiyung merupakan kecamatan yang ada di Kota Surabaya yang terletak di Surabaya bagian barat. Banyak masyarakat Wiyung yang berwirausaha dengan menjual produk olahan makanan dan kerajinan tangan. Di masa pandemi Covid-19 sekarang ini UMKM di Kecamatan Wiyung mengalami guncangan dan mengalami penurunan omzet. Hal ini terjadi lantaran menurunnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Surabaya dan penjualan produk yang dilakukan oleh masyarakat Wiyung masih dilakukan secara konvensional. Perlu dilakukan pemasaran produk UMKM melalui internet dengan pendampingan digitalisasi marketing. Tim pengabdian memfokuskan penyelesaian masalah pada aspek strategi peningkatan pemasaran produk UMKM. Pada aspek pemasaran, diperlukan pentingnya foto produk dalam digitalisasi marketing yang menarik. Selain itu, diperlukan pemanfaatan internet sebagai media promosi melalui pelatihan dan pendampingan dalam membuat konten serta teknik fotografi produk untuk menjamin keberlangsungan program pada mitra usaha. Target khusus dalam kegiatan pngabdian ini ditekankan pada pengadaan alat berteknologi tepat guna untuk meningkatkan produktivitas seperti photo studio box, rotating display, dan microphone.